Thursday 10 June 2010

life is a choice

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk pencerita, di mana pun ia berada, saat mengambil keputusan dan berkomunikasi dengan orang lain, ia selalu bercerita. Ini merupakan inti dari teori paradigma naratif. Sesaat gw baca teori ini, gw langsung berpikir, bener juga ni teori, secara kita sebagai manusia, selalu melakukan sesuatu dengan bercerita, misalnya saja kayak apa yang gw lakuin sekarang, cerita ke kalian tentang pengalaman gw. Setelah gw baca asumsi - asumsi nya semakin keren aja nih teori, bayangin aja..di asumsi ke lima gw ketemu kata - kata "Dunia dialami oleh manusia sebagai sekumpulan cerita, yang salah satunya harus kita pilih. Ketika kita memilih, kita akan menjalani hidup dalam sebuah proses penciptaan ulang yang terus menerus" gileee kata - katanya ajib bener. Kehidupan pada dasarnya adalah pilihan kita, sebagai konsekuensi atas pemilihan itu, bener dong?hehehehe..setelah gw baca lebih jauh..ternyata 'dunia adalah sekumpulan cerita, dan ketika kita memilih di antara cerita - cerita tersebut, kita mengalami kehidupan secara berbeda, memungkinkan kita untuk menjalani kehidupan yang berbeda.'artinya, misalnya di satu kesempatan lo milih jadi seorang mbok jamu, tapi sebenernya ada cerita lain yang bisa bikin lo jadi dosen, jadi intinya cerita - cerita yang nantinya ada di hidup lo itu ada berdasarkan pilihan lo, dan ketika lo memilih jalan atau pilihan yang berbeda, kehidupan lo juga akan berbeda. Behh, makanya kawan - kawan, ketika melakukan atau mengambil suatu pilihan, lo harus mikir dulu mateng - mateng, apa sih konsekuensinya di masa mendatang, apa ini sesuai dengan kemauan gw?atau malah memperburuk keadaan gw yang udah buruk. Pilihan itu tergantung kita, dan ingat, kalau lo udah milih sesuatu, jangan pernah lo sesali, karena sekali lo membuka lembaran buku cerita, lo gak akan bisa nutup, tapi lo harus baca tu dongeng sampai akhir, baru lo bisa mulai dengan buku baru lagi. Menjalani hidup itu gak akan pernah susah, kalau memang lo memilih jalan kehidupan lo yang benar. Kalo lo merasa jalan yang lo pilh itu salah, bersyukurlah dahulu, pikirkan orang lain yang mungkin lebih salah jalan hidupnya dari lo, dan jangan mengeluh, ingat kata gw, yang milih itu lo sendiri, bukan orang lain, dan lo harus terus jalani konsekuensi pilihan yang lo ambil. Buat cerita kehidupan lo seindah mungkin seperti yang ada di dongeng dongeng karena cerita ini kita yang buat, dan kitalah yang jadi pemeran utama dalam cerita ini (waduhh waduhhh nyambuung ke teori dramaturgi, gawat!!)..

SO ENJOY YOUR LIFE, LIFE IS A CHOICE, AND MAKE YOUR LIFE AS COLORFUL AS YOU WANT!!IT'S ALL ABOUT YOUR DECISION GUYS!!

salam,
cheryl p.b
manusia yang selalu ingin membuat ceritanya seindah cerita dongeng
:)

No comments:

Post a Comment