Saturday 19 June 2010

manusia yang selalu ingin jadi subjek sentral dan selalu ingin tahu

hei hei hei!!!
gw mau bagi2 cerita dikit aja, tadi pagi gw baca kompas..dan mendapati artikel foto yang ceritanya itu ngeliput pasar mayestik, dan gw jadi teringat, saat - saat gw lagi mau bikin foto jurnalisme bersama PA, jadi ceritanya waktu itu kita mau bikin video dan kita memilih subjek dari foto kita kali ini ibu warung depan rumahnya PA, meskipun pada akhirnya, tugas yang kami kumpulkan itu tema nya mbok jamu, karena setelah kita foto ibu - ibu warung ini, dan dilihat oleh dosen tercinta, sepertinya kurang "srek" gitu, jadi ya kami mencari subyek lain.
oke, yang mau gw ceritakan di sini bukan masalah ibu penjual warung ataupun mbok jamu tapi, pengalaman saat gw dan PA pagi - pagi jam 6 pergi ke pasar Cengkareng ngikutin si Ibu warung beli bahan - bahan buat dagangannya...
gw harus jelasin lagi di sini, bahwa kami masing - masing membawa pasangan cinta kami, kamera SLR...hahahaha, bayangkan saja gw dan PA menggantung - gantung tuh kamera di leher kami berdua. ketika sampai di sana, semua mata tertuju pada kami..hmmm, nggak tau karena tuh kamera yang menggantung - gantung, atau karena kita berdua yang keliatan mencolok jelas di sana. semua orang langsung bilang "neng, foto dong, dari Metro TV ya?" sepanjang jalan mereka menyebutkan channel - channel berita, sumpah gw gak tau harus bangga atau gimana, yahh bangga juga sih, kalau dibilang jadi reporter. hehehehhehe.. :p

gw baru sadar saat itu, bahwa mereka sebagai seseorang yang selama ini gak pernah ketemu kamera - kamera begituan, tuh haus banget akan kenarsisan, tapi menurut gw semua orang yang pernah liat kamera ataupun sering tetep aja sebenernya punya kenarsisan, setiap orang di mana pun itu, pasti ingin jadi subjek, ntah mereka lagi apa, dan bahkan kalau bisa menunjukkan kegilaan mereka dan tidak segan - segan melakukan kegiatan yang malu - maluin demi diliput. memang ada juga yang pas mau di foto nanya "buat apa nih? ngeliput apa?" dengan nada yang gak bersahabat, itu tergantung sih dari pribadi mereka masing - masing, tapi lebih banyak yang welcome dengan kedatangan kami berdua..hahahaha
ini sifat dasar manusia, yang selalu ingin jadi sentral dalam setiap aspek kehidupan, meskipun terkadang mereka tahu mereka siapa, dan bukan apa - apa, tapi mereka pasti haus akan jadi subjek, ntah jadi apapun.
dari hal itu gw juga belajar, ketika terjadi sesuatu yang aneh yang langka, semua orang pasti bertanya - tanya, menunjukkan kekepoan mereka dengan bertanya, padahal gak kenal sama sekali, manusia sebagai makhluk sosial pasti ingin tahu semuanya, dia tidak akan berhenti sampai mendapat jawaban.
yah gw cuma sharing aja tentang apa yang gw alami di sana






salam,
cheryl
manusia yang terus belajar

No comments:

Post a Comment