Tuesday 11 May 2010

bijak dan dewasa itu berbeda

sudah lama tak menulis...
begitu saratnya dunia ini, sampai - sampai kesibukan harian gw,,membuat gw lupa kalo masih ada blog..
tempai mencurahkan hati dan pikiran
untung ada BENEDIKTUS KRISNA yang mengingatkan gw,,ahahaha

hmm..
apa yang sebenarnya dicari oleh seorang manusia?
hari minggu kemarin, gw berpikir..
apa bedanya seseorang yang dewasa dengan seorang yang bijak?

dewasa itu terlihat dari 3 aspek, yaitu aspek fisik, rasional berpikir, dan masalah umur seseorang. jadi pesen gw, jangan seneng kalo lo dibilang "eh, gile, lo dewasa banget", itu bisa berarti lo itu udah tua, mukanya keliatan tua, atau emang lo bener2 berpikir seperti orang tua, intinya yah lo dianggep udah tua, baik umur, pikiran, maupun tampilan lo. tapi jangan lantas langsung tersinggung juga, ada orang yang memang suka dengan gaya penampilan kita, sehingga mereka bilang "lo mature banget deh", daripada orang - orang seumuran kayak gw begini dibilang childish, gw mending dipilih dibilang sebagai orang mature..alias dewasa..

orang bijak itu adalah orang yang berpikir mengenai suatu masalah dengan melihat segala aspek kehidupan sehingga keputusan yang ia ambil merupakan keputusan terbaik di semua aspek. misalnya aja, seorang bos, yang ingin melakukan PHK, ia melihat karyawan yang ia PHK itu dari berbagai sudut pandang, kalau orang tersebut di PHK, keluarganya bagaimana, anaknya baru umur berapa, apakah perusahaan itu kehilangan tenaga kerja orang itu karena ide2nya, istrinya sedang hamilkah?, dll..

kesimpulannya adalah tidak ada hubungan sama sekali antara orang bijak dengan orang dewasa. orang dewasa, seperti sudah saya uraikan menyangkut 3 aspek, sedangkan bijak adalah orang yang dapat memperhitungkan segala aspek dalam menentukan penyelesaian akhir suatu masalah.
kalau gw, gw akan mencoba menjadi seorang yang bijak tetapi childish..ahahahahaha :p
sekian yo...

No comments:

Post a Comment