Thursday 23 August 2012

Kuburan

Kuburan.
Mungkin orang berpikir kuburan merupakan tempat terakhir kita disemayamkan. Tempat yang harusnya damai. Tempat yang harusnya indah, bagus.
Tapi pernahkah kalian berpikir. Orang yang berada di dalam liang lahat tersebut tidak tahu keberadaannya lagi. Yang ada di dalam liang kubur merupakan jasadnya saja. Kita bahkan tidak tahu 'dia' ada di mana lagi. Jadi kuburan merupakan hal duniawi yang menurut saya tidak penting.
Di manapun orang tersebut dikubur. Hal itu akan menjadi sama bagi mereka yang meninggal.
Lucunya bagi orang seperti kita yang masih hidup di dunia material ini, kuburan menjadi suatu aset harga diri. Jika kita menyemayamkan keluarga kita di kuburan elite, berarti Anda orang kaya. Bukan begitu?
Lalu apa artinya nanti?
Jadi sebenarnya kuburan itu berguna bagi orang yang meninggal tersebut atau kita yang masih hidup?

Saya beberapa kali mengunjungi kuburan ayah saya. Biasanya yang saya lihat ketika seseorang datang ke kuburan, mereka pasti memasang lilin, berdoa, dan lain-lain. Saya?
Saya hanya datang, membelikan bunga, menaruhnya di pot samping nisan. Lalu setelah itu? Sudah.
Saya bahkan tak mengatakan hal apapun.
Saya tahu dia di sana. Sudah damai di sana. Setidaknya yang saya lakukan di kuburan hanya memastikan kalau kuburan itu terawat rapi. Jasadnya masih disitu. Tapi saya yakin, di mana pun saya berdoa untuk dia. Dia pasti mendengarnya. Istilahnya kuburan dibuat agar mereka yang masih hidup ingat bahwa ada seseorang yang perlu didoakan, perlu diperhatikan, dan mereka merupakan bagian dari kehidupan masing-masing orang tersebut dan tentunya tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Manusia yang masih hidup dalam kehidupan material masih punya rasa, ikatan batin dengan mereka yang sudah meninggal. Bahkan sebagian alasan mereka masih hidup sekarang adalah karena orang yang mereka sayangi tersebut meninggal.

Jadi kuburan berguna untuk siapa? Anda yang masih hidup sebagai lambang prestisius? atau sebagai peristirahatan terakhir bagi jasad mereka?

No comments:

Post a Comment