Thursday 1 April 2010

pantang, eksistensi iman, dan gereja

hahaha..
waktu itu..temen gw, agi..pernah tanya..gw gak puasa?
secara kan hari rabu dan jumat orang Katolik harus pantang atau puasa daging..
gw menjawab dengan nyengir "nggak..hehehe"

ketika menjawab itu, gw berpikir..orang yang puasa atau terang - terangan pantang tu hari..apakah mereka di hari biasanya juga begitu? gw rasa nggak...gw merasa..kalau memang mau puasa...puasalah atau pantang setiap hari..gak perlu hari khusus untuk melakukan itu..itu menurut pikiran gw..maaf ya kalo ada yg merasa tersinggung..
ketika seseorang pantang daging..apakah mereka benar - benar pantang? atau hanya mengikuti tradisi saja..tanpa mengetahui maknanya?kalau gitu itu sama saja dengan NULL!!..gak ada artinya..karena dilakukan dengan sikap hanya ingin ikut - ikutan...

tentang pergi ke gereja,
gw, sebagai manusia biasa..emang sih ga terlalu freak juga dengan yang namanya ke gereja setiap minggu...
tetapi..setidaknya gw menghormati agama gw, dan gak hanya hari - hari di mana hari besar agama gw aja, baru gw dateng ke gereja..
memang sih ya, ke gereja dengan iman kita terhadap Tuhan itu gak ada hubungannya..
banyak orang yang mengaku ke gereja setiap minggu, tapi ternyata..mereka malah nggak menerapkan apa yang diajarkan oleh agama mereka..MUNAFIK!!ITU yang PAS banget untuk orang seperti itu.., menggunakan emblem agama mereka..tapi yang terjadi adalah memalukan agamanya sendiri..ckckck..
OK..back to the topic..
seperti yang gw bilang tidak ada hubungannya, tapi..tetep saja..segala sesuatu itu butuh eksistensinya,.tunjukkan bahwa agama kalian tercermin dari diri dan sikap kalian...

oma gw cerita, dia emang orang yang ramah, suka senyum sana - sini ke orang manapun..
kebetulan..2 km dari rumah gw, ada warung gitu..
pas mbak gw lewat..si penjual berkata "ehh ehh..itu oma - oma yang rambut putih, ramah banget ya..suka senyum sama siapa aja". mbak gw dengan bangganya bilang "itu majikan saya..".
nah bisa dilihat di sini..kalo kita gak perlu secara diktaktor menjelaskan identitas agama kita ke orang lain sehingga orang itu tau kita..tapi secara tersirat saja..jadi orang bisa tau perilaku baik kita itu dari mana..selagi berbuat baik, kita juga bisa memperlihatkan eksistensi kebaikan agama kita..

hahaha...okeh..jangan terlalu serius..
dan gw minta maaf kalo ada orang yang gak setuju sama pendapat gw..
peace ^^

No comments:

Post a Comment